Unik Burung Hantu Jadi Tukang POS

Senin, 01 April 2013 | komentar

Unik Burung Hantu Jadi Tukan POS

Dulu, burung hantu pengantar surat mungkin hanya ada dalam film Harry Potter. Namun, kini burung karnivora itu tak lagi hanya mengantarkan pesan dari Sekolah Sihir Hogwarts. Para ahli di tempat perlindungan hewan, Kirkleatham Owl Centre di North Yorkshire, Inggris, telah melatih burung hantu mereka hingga binatang noktural itu dapat menyampaikan pesan internal milik tuannya.

"Pak pos berbulu ini diperkenalkan setelah ada pemotongan anggaran dan pengurangan jumlah staf yang menyebabkan tumpukan surat tak terkirim," tulis Mail Online, Ahad, 31 Maret 2013.

Ide pak pos burung hantu ini digagas oleh pelatih Amy Smith. Semula, rekan sekerjanya merasa skeptis. Namun, Smith berhasil membujuk mereka. Alasan Smith, burung hantu memiliki bakat bawaan untuk pekerjaan pengantar pesan ini.

"Bagi burung hantu, mengangkut surat tak beda dengan membawa mangsa yang mereka buru," kata Smith. "Kami hanya perlu melatih mereka perihal bagaimana cara mengambil pesan dan lokasi tujuannya."

Sebanyak delapan dari 45 burung hantu telah dilatih secara khusus dalam proyek Roy-owl Mail pada pekan lalu. Burung-burung itu diajarkan untuk mengenali enam warna primer pada nampan yang berbeda. Masing-masing warna itu mewakili surat berkode A hingga F.

Nantinya, warna pada nampan akan menjadi petunjuk bagi burung hantu untuk mengambil pesan yang ada. Dan mereka akan mengantarkannya ke lokasi yang memiliki nampan berwarna sama. "Burung ini dapat mengantarkan pesan dalam radius tiga kilometer persegi."

Sumber : Tempo.co
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sumber Cerita Dewasa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Premium Blogger Template